Selasa, 28 November 2017

SENANDUNG PERJUANGAN




Oleh : Marizka

Pahlawan, mereka adalah insan pejuang, berjuang yang tanpa takut mati bahkan ajal di depan mata, berjuang demi kelangsungan anak cucu, bangsa dan negara. Saat memperingati hari pahlawan maka yang sering kita dengar lagu-lagu di radio maupun televisi ialah lagu wajib gugur bunga karya ismail marzuki. Sebuah alunan lagu yang begitu indah dan menyayat hati para pendengarnya.

Betapa hatiku takkan pilu
Telah gugur pahlawanku
Betapa hatiiku takkan sedih
Hamba ditinggal sendiri

Bagian awal lirik dari lagu ini teah menggambarkan kesedihan hati atas gugurnya pahlawan . Lagu ini juga pengingat bagi generasi muda, dalamnya makna dari lagu ini seolah menjadi cambukan agar kita terus berjuang, walaupun berjuang tidak menumpahkan darah,tapi berjuanglah untuk memperjuangkan cita-cita terdahulu pahlawan negri kita tercinta ,Indonesia.

Lagu Ismail marzuki, sampai saat ini masih acap di dengarkan seperti saat kemerdekaan, dan memperingati Hari Pahlawan. Lagu ini mengisahkanperasaan sedih atas kematiaan orang yang ditinggalkannya. Konon butuh waktu lama oleh Ismail Marzuki untuk menyelesaikan lagu ini sampai ia mengurung diri dikamar cukup lama untuk lagu ini.

Hasil dari mengurung diri Ismail Marzuki berbuah manis, lagu ini menyentuh hati banyak pendengarnya,lagunya begitu fenomenal, dan hingga saat ini banyak penyanyi yang melagukan ulang lagu ini, tentu dengan aransemen lebih modren dan mengikuti perkembangan zama. Lagu gugur bunga walaupun telah banyak aransemennya tetap bagus,karna dari segi lrik saja sudah indah.


Dari lagu ini sahabatku kita bisa merasakan bagaimana susah dan duka seorang pahlawan, demi kemerdekaan bangsa Indonesia mereka rela berjuang. Marilah kita juga berguang untuk bangsa ini wahai generasi muda. Berjuanglah dibidang yang kita ahli baik itu di ilmu pengetahuan, olahraga, seni, dan lain-lain. Harumkan bangsa ini dengan berkarya. Senandungkan selalu misi-misi persatuan untuk republik Indonesia. Jaya selalu Negriku Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar