Selasa, 21 November 2017

Rendahnya Minat Baca di Kalangan Mahasiswa UNP

   Oleh:
 Juliandro Ilyas Saputra

   Membaca merupakan sebuah keharusan bagi semua orang terutama kalangan mahasiswa.Kegiatan membaca sangatlah penting karena dengan membaca dapat memperkaya dan memperluas wawasan tentang kehidupan,sehingga dengan membaca dapat mendewasakan diri.
      Jika seseorang ingin belajar sebuah ilmu dia harus bisa memahami isi dan maksud keilmuan tersebut melalui sumber-sumber buku,dan sebelum mempelajari sebuah pemahaman dalam buku-buku tersebut seseorang harus melalui proses yang sangat penting ,yaitu membaca.
     Tapi dewasa ini minat akan membaca tersebut seolah-olah telah hilang dari kaum-kaum pelajar.Entah apa yang mengakibatkan minat membaca berkurang,apakah membaca itu membosankan atau membuang-buang waktu? Jelas saja tidak,sebab membaca merupakan sebuah keharusan.
            Minat membaca mahasiswa UNP sekarang terasa minim,perkembangan teknologi yang semakin maju dengan adanya internet lebih menyebabkan mahasiswa lebih memilih mencari informasi di internet ketimbang di perpustakaan.Membaca bagi mahasiswa pada saat ini bukan lagi sebuah kebutuhan,jangankan untuk membaca buku tentang pelajaran,membaca koran atau majalahpun mereka merasa ogah,malahan mahasiswa lebih tertarik kepada membaca komik atau novel ketimbang bacaan-bacaan tentang pelajaran.

            Minat baca mahasiswa terbentuk dari diri pribadi mahasiswa itu sendiri,hal-hal penting untuk menumbuhkan minat membaca yaitu adalah kesadaran akan membaca merupakan sebuah kebutuhan primer yang mutlak diperlukan agar mahasiswa memiliki wawasan yang semakin luas.

0 komentar:

Posting Komentar