Selasa, 21 November 2017

Gemparkan Dunia Dengan Sorakan Merdeka Guna Mengenang Jasa Para Pahlawan


OLEH :
SILVANI

Hari pahlawan adalah hari dimana semua rakyat Indonesia memperingati  atau merayakan sebuah acara dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Perayaan ini selalu dilakukan setiap tahunnya terutama dilingkungan pendidikan ,seperti disekolah –sekolah dan berbagai kalangan  dengan cara upacara memperingati hari pahlawan dan diiringi dengan serangkaian acara yang bertemakan perjuangan para pahlawan dan tak kalah pula perayaan yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan sejarah fakultas ilmu social universitas negeri padang.
Perayaan yang dilakukn oleh mahasiwa sejarah fakultas ilmu social UNP pada tanggal 10 November 2017 sangat menarik perhatian dari semua kalangan, seperti mahasiswa  jurusan lain,dosen-dosen dan warga sekitaran air tawar padang. perayaan yang dilakukan mahaiswa sejarah yaitu melakukan long march yang titik kumpulnya di pelataran gedung FIS menuju makam pahlawan kususma bangsa yang terletak di JL.S.Parman No,117, Lolong Belanti Padang Utara. Dalam long march yang dilakukan mahsiswa sejarah ada beberapa mahasiwa yang mewarnai badannya dengan cat,yang bertuliskan 10 November, dan mahasiwa lainnya memakai baju merah putih yang melambangkan semangat juang para pahlawan.
Dengan long march yang dilakukan mahasiwa sejarah sepanjang jalan raya dari kampus UNP menuju makam pahlawan , membuat masyarakat sadar bahwa hari ini adalah hari pahlawan, karena kebanyakan dari masyarakat yang lupa akan memperingati hari pahlawan. Yang mana pahlawan yang telah berjasa dalam memerdekakan Indonesia,tanpa pahlawan Indonesia tidak akan terbebas dari tangan penjajah.sepanjang perjalanan mahasiswa jurusan sejarah menggemparkan dan mensorakan “MERDEKA!!!”. Sampai di makam pahlawan mahasiswa melakukan orasi dan membacakan puisi  tentang mengenang jasa pahlawan dan melakukan penubaran bunga.
Perayaan atau acara yang dilakukan mahasiswa sejarah itu menunjukkan adanya bentuk kepeduliaan atau partisipasi yang dimilki jiwa muda,dalam memperingati hari pahlawan. Perjuangan yang dilakukan para pahlawan tidak boleh sampai disitu saja, harus dilanjuti oleh jiwa muda atau generasi muda yang dilakukan dalam bentuk belajar dengan sungguh-sungguh sehingga bisa  memajukan Indonesia dan memperkenalkan Indonesia di dunia internasional. Semangat juang yang dimiliki oleh generasi muda akan bisa membuat perubahan bagi Indonesia. Oleh sebab itu generasi muda harus sadar dan belajar dari semangat para pahlawan dalam memperjuangkan indoensia.


0 komentar:

Posting Komentar