Selasa, 21 November 2017

Membangkitkan Hari Pahlawan


Oleh:
Trimei Neki Syafari

Hari pahlawan setidaknya dapat kita hayati dan inspirasi semangat kepahlawanan yang terjadi pada 10 november 1995 tersebut, menghargai para pejuangnya yang telah banyak berkorban dan meneruskan cita-cita yang mulia, dan pepatah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Hari pahlawan adalah salah satu upaya untuk membakitkan semangat bangsa indonesia, perngorbanan para pahlawan  yang terjadi pada 10 november hendaknya dapat kita hayati sebagai sumber motivasi. Pertempuran 10 november 1995 di surabaya merupakan rangkaian perjuangan panjang dan heriok. Karena perlu  perngorbanan yang luar biasa dari para pejuang kemerdekaan menghabis banyak pengorbanan demi jayanya indonesia.
Bangsa Indonesia saat ini membutuhkan pahlawan-pahlawan baru untuk mewujudkan kehidupan massa rakyat yang demokratis secara politik, adil secara sosial, sejahtera secara ekonomi, dan partisipatif secara budaya. Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dankokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan terombang-ambing dan kehilangan arah di tengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.
Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannyalah yang dapat menjadi bangsa besar, dengan terus melestarikan hari pahlawan dan meniru sikap para pahlawan dengan rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada diri sendiri untuk membangun karakter bangsa berdasarkan pancasila, hargai perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan dengan memperjuangkan pendidikan bangsa Indonesia agar jadi lebih dan lebih baik dari sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar