Selasa, 21 November 2017

Peringatan dan Ingatan Kepahlawanan


Oleh :
Veryola Malvy

Salah satu peringatan hari besar di Indonesia adalah Hari Pahlawan. Hari Pahlawan ini diperingati setiap tanggal 10 November. Biasanya, pada peringatan ini berbagai kegiatan dilakukan dengan tema Hari Pahlawan. Masyarakat akan mengenang jasa para pahlawan dan memperingatinya dengan kegiatan-kegiatan yang positif pastinya.
Dalam hal pendidikan misalnya, pada setiap peringatan Hari Pahlawan biasanya kegiatan belajar mengajar di sekolah akan diliburkan. Sebagai gantinya nanti seluruh siswa akan mengadakan upacara bendera. Kemudian akan diadakan juga berbagai lomba yang bertemakan Hari Pahlawan, seperti lomba menggambar tokoh pahlawan, lomba membaca puisi untuk pahlawan, dan lain sebagainya yang bertemakan pahlawan. Tidak hanya itu, media pun juga akan ikut serta dalam Hari Pahlawan ini. Biasanya acara-acara ragam di televisi akan menayangkan acaranya yang bertemakan Hari Pahlawan juga. Semua siaran berita juga akan menayangkan berita peringatan Hari Pahlawan. Hal seperti ini tentu secara tidak langsung akan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia mengenai peringatan ari pahlawan.
Akan tetapi untuk saat ini peringatan Hari Pahlawan sudah mulai berkurang. Semenjak lima tahun belakangan ini ingatan masyarakat atas hari pahlawan sudah mulai menurun. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang tidak ingat akan Hari Pahlawan dan hanya menganggap Hari Pahlawan tidaklah sesuatu yang harus di semarakkan. Selain itu, pengetahuan generasi muda mengenai Hari Pahlawan juga sangat kurang. Masih banyak pelajar yang tidak mengetahui bahwa tanggal 10 November adalah peringatan Hari Pahlawan. Kemudian sekolah-sekolah pun juga sudah jarang melakukan upacara bendera yang khusus bertemakan Hari Pahlawan. 
Hal seperti ini sangat disayangkan, jika terus dibiarkan tentu saja akan menjadikan masyarakat Indonesia bukan bangsa yang besar lagi. Seperti yang kita ketahui, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Kesadaran masyarakat akan pentingnya mengingat jasa para pahlawan akan menurun yang berakibat menjadikan masyarakat kita masyarakat yang tidak tau menau akan asal usulnya, masyarakat yang tidak acuh akan perjuangan pahlawannya, masyarakat yang masa bodo dengan apapun yang terjadi dalam negaranya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita sebagai bangsa Indonesia saling mengingatkan mengenai hal-hal penting yang harus dilakukan bersama, seperti mengingat Hari Pahlawan. Jika tidak ada mereka, mungkin sampai saat ini kita tidak akan pernah merasakan bagaimana berdiri di negara sendiri tanpa restu dari negara asing. Para pahlawan sudah memperjuangkan kemerdekaan yang dapat kita nikmati sampai saat sekarang ini, dan kita sebagai generasi penerus harusnya mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang dapat membangun bangsa kita serta kembali menjadi bangsa yang besar, yaitu bangsa yang mengahrgai jasa para pahlawannya. 

0 komentar:

Posting Komentar