Selasa, 28 November 2017

PAHLAWAN YANG TERLUPAKAN


 Oleh:
Fahmi Rahman 
Bertepatan dengan peringatan hari pahlawan Nasional jumat 10 november 2017 setiap masyarakat Indonesia memperingati hari pahlawan. Menghormati dan mengenang jasa para pahlawan menjadi kewajiban bagi segenap warga negara. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Begitulah kata Bung Karno, bapak proklamator sekaligus presiden pertama RI.
Namun sekarang berbanding terbalik dengan pernyataan presiden pertama RI. Sungguh ironi bagi bangsa ini yang tidak menghargai perjuangan pahlawan mereka. Kalau bukan karena pengorbanan para pejuang tersebut, Indonesia tidak akan dapat meraih kemerdekaannya. Parahnya lagi para pejuang yang telah berkorban dengan keringat dan darah seolah terlupakan.
Kita bisa lihat bagaimana nasib para pejuang kita yang masih hidup yang disebut dengan Veteran apakah hidup mereka sudah layak, sudah kah mereka hidup dengan semestinya? Dari bererapa artikel yang dibaca banyak veteran yang kehidupannya serba kekurangan. Dengan usia mereka yang hampir satu abad mereka masih bekerja untuk mencukupi kebutuhan sehariannya. Padahal mereka sudah mengorbankan segala nya untuk kemerdekaan negara ini, jika tidak karena mereka pasti negara ini belum merdeka sampai saat ini. Sangat memperhatinkan rasa nya para pejuang tersebut tidak begitu diperhatikan oleh pemerintah. Pemeritah seharusnya memperhatikan kehidupan para veteran veteran setiap daerah yang telah memperjuangkan kemerdekaan ini. Para veteran yang notebenenya telah mengorbankan hampir seluruh jiwa raga mereka demi kemerdekaan perlu mendapat perhatian khusus dan layak diberikan penghargaan yang lebih. Salah satunya adalah jaminan dan tunjangan hari tua.
Sejatinya namanya perjuangan dan pengabdian memang tidak menuntut balas apa yang telah dilakukannya. Perjuangan yang dilakukannya demi semata-mata untuk dipersembahkan kepada negeri yang di cintainya itu. Maka benar pula apa yang dikatakan mendiang Presiden Amerika, Jhon F Kennedy“Jangan tanya apa negara berikan kepadamu, tapi tanya apa yang telah kau berikan kepada negara”..
Penghargaan yang paling esensi dalah menjaga negeri ini dengan baik, yaitu tidak “mengkhianati” nilai perjuangan dengan tidak korupsi, menjarah, serta tindakan yang tidak terpuji lainnya. Bagi generasi muda selain belajar dengan giat untuk mengisi kemerdekaan, juga meresapi dan mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan itu. Perlu Mata utk membalas jasa mereka...bukan mata biasa...tapi mata hati dan nurani. Tapi masalahnya terlalu banyak pejabat buta di negri tercinta ini terlalu banyak ketamakan dan kerakusan di NKRI ini.









0 komentar:

Posting Komentar