Selasa, 28 November 2017

Jangan Jadikan Hari Pahlawan Sekedar Kenangan


Oleh:
“Nadia Ramona”

Tanggal 10 November merupakan tanggal yang memiliki momentum penting bagi bangsa Indonesia yakninya peringatan Hari Pahlawan. Peringatan Hari pahlawan adalah peringatan bersejarah tentang perjuangan para pahlawan dengan segenap jiwa dan raganya demi terwujudnya cita-cita bangsa yakninya kemerdekaan Indonesia dari belenggu penjajahan oleh pihak kolonial asing.
Peringatan hari pahlawan merupakan peringatan yang wajib kita laksanakan setiap tahunnya peringatan hari pahlawan masuk dalam garis besar agenda negara Indonesia. Setiap tahunnya pada tanggal 10 November bangsa Indonesia melaksanakan peringatan hari pahlawan mulai dari mengibarkan bendera, menyanyikan lagu tentang pahlawan, dan mendengarkan pidato-pidato untuk mengenang pahlawan bangsa ini.
Namun pada dasarnya saat sekarang ini peringatan hari pahlawan sekedar menjadi agenda wajib yang harus dilaksanakan saja tanpa ada kesadaran dari setiap diri anak bangsa tentang betapa besarnya makna dan arti dari peringatan hari pahlawan tersebut.
Generasi muda sekarang merupakan tonggak estafet bagi perjuangan bangsa Indonesia untuk itu generasi muda haruslah mampu dengan baik memaknai tentang peringatan hari bersejarah ini, bukan hanya sekedar ikut-ikutan untuk memperingati peringatan hari pahlawan, mengikuti upacara bendera tanpa tau arti penting dari pelaksanaannya ataupun sekedar mendengarkan pidato-pidato pemimpin yang penuh dengan sejarah namun sekedar menjadikannya sebagai tameng saja tanpa pernah berusaha untuk menjalankan dengan semestinya.
Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno mengatakan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Menghargai jasa pahlawan yang telah memperjuangkan hidup dan matinya bagi kita tidak cukup hanya dengan mengenal sejarah mereka, memperingati hari pahlawan setiap tanggal 10 November atau lewat pendirian monumen yang megah atau dengan menamakan jalan-jalan dengan nama para pahlawan,
Itu semua tidaklah cukup, namun yang harus kita lakukan sebagai generasi muda adalah dengan melengkapi tindakan kita guna menghargai jasa-jasa mereka, yaitu dengan menbangun nilai-nilai kepahlawanan seperti semangat pantang menyerah dalam belajar, jujur, percaya diri, rela berkorban satu sama lainnya dan menjunjung tinggi rasa solidaritas karena pada dasarnya jauh dalam lubuk hati pahlawan kita, pastinya beliau mengharapkan generasi muda sekarang nantinya bisa menjadi pahlawan di masa depan yang akan menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa Indonesia.
Pada saat sekarang ini kita hidup di Abad 21 dengan berbagai tantangan yang harus kita hadapi, tantangan yang tidak hanya kita dapatkan dari dalam negeri saja namun juga dari luar negeri, Hidup di zaman pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharuskan kita untuk dapat menyesuaikan diri dan mampu mengusasi segala bentuk perkembangan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, kita sebagai bangsa yang besar haruslah memiliki cita-cita besar pula dan harus mampu memfilter segala bentuk perubahan dan perkembangan agar tercapainya keutuhan bangsa kita yakninya Indonesia.
Perjuangan kita tidak akan pernah sia-sia, tantangan dan persoalan yang kita hadapi akan semakin berat namun kita harus tetap berjuang, kita harus mampu merenungkan kembali betapa besarnya perjuangan para pahlawan kita yang tak gentar menghadapi peperangan bahkan walaupun berada diambang pintu kematian, untuk itu kita harus mampu menghargai segala bentuk tetesan keringat mereka, segala bentuk pertumpahan darah di tanah yang kita cintai ini dengan cara menjadi generasi muda yang produktif, menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa serta menjaga keutuhan bangsa dan negara kita Indonesia, Hal tersebut merupakan tugas utama yang harus kita laksanakan sebagai generasi muda tonggak estafet perjuangan bangsa.       Soekarno juga pernah mengatakan berikan aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia, Disini dapat dimaknai bahwasanya betapa besarnya pengharapan dan keyakinan Soekarno terhadap generasi muda Indonesia, betapa besar juga pengharapan para pahlawan bangsa kita yang telah gugur agar nantinya generasi muda Indonesia bisa menjadi pahlawan di masa depan demi terciptanya bangsa yang aman, sejahtera dan mampu untuk bersaing dengan dunia luar di era globalisasi dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti saat ini tanpa sedikitpun menghilangkan identitas dan ciri bangsa Indonesia.
“Teruslah berjuang dan berkarya wahai generasi muda, tonggak estafet perjuangan bangsa, Hargai dan cintailah negeri ini, wujudkan dengan perbuatan, bukan hanya sekedar bualan”.

“Nadia Ramona”

1 komentar:

10 videos about live sport betting - Videodl.cc
youtube.com, free videos, videos and related videos about live sport betting, sports betting, sports betting and much more. It's time to see the world's most popular youtube to mp3 online sport.

Posting Komentar