Selasa, 21 November 2017

MENGAPA HARI PAHLAWAN DIPERINGATI SETIAP TANGGAL 10 NOVEMBER ?

Oleh:
(Ririn Dwi Cahyani)

10 November merupakan hari besar negara bagi seluruh rakyat Indonesia di setiap pelosok tanah air. Setiap tanggal 10 November rakyat Indonesia selalu memperingati hari tersebut, baik itu dengan upacara peringatan maupun hal lainnya. Tanggal 10 november ini disebut sebagai hari pahlawan, di mana setiap tahun hari itu selalu diperingati untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan Indonesia yang berjuang merebut dan mempertahankan negara Indonesia ini. Namun apakah kita sudah mengetahui mengapa hari pahlawan itu diperingati setiap tanggal 10 November? Ada apa dengan tanggal tersebut ?
Berikut ini akan dijelaskan mengapa hari besar atau hari pahlawan di Indonesia diperingati setiap tanggal 10 November serta peristiwa apa yang melatarbelakangi hari pahlawan dijatuhkan pada tanggal 10 November itu.
Hari pahlawan diperingati karena adanya pertemburan pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran ini terjadi di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara tentara Indonesia dengan pasukan Inggris. Pertempuran di Surabaya ini merupakan pertempuran pertama yang dihadapi oleh Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. Pertempuran yang terjadi pada 10 November 1945 adalah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.
Pada tanggal 9 November 1945, pihak Inggris mengeluarkan sebuah ultimatum yang berisikan ancaman akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut dan udara apabila orang-orang Indonesia di Surabaya tidak mentaati perintah Inggris. Mereka juga menginstruksikan bahwa semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945 di tempat yang mereka tentukan.
Namun rakyat Indonesia di Surabaya tidak mentaati ultimatum tersebut, sehingga terjadilah pertempuran yang besar pada 10 November tersebut, selama kurang lebuh satu bulan. Medan perang di Surabaya ini kemudian disebut dengan julukan “neraka” karena banyaknya kerugian, sekitar 1600 orang prajurit Inggris tewas serta puluhan alat perang rusak dan hancur.

Banyaknya para pejuang yang gugur pada pertempuran Surabaya 10 November itu, serta semngat yang membara di kota itu maka dikenanglah Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan dan tanggal 10 November itu sebagai Hari Pahlawan.

0 komentar:

Posting Komentar