Selasa, 21 November 2017

MAKNA HARI PAHLAWAN MASA KINI

Oleh:
Rahmatul Atika

Tanggal 10 November dinyatakan oleh bangsa kita sebagai Hari Pahlawan. Peringatan Hari Pahlawan merupakan kesempatan bagi seluruh bangsa, bukan saja untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan para pejuang yang tak terhitung jumlahnya demi memperjuangkan tegaknya Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Peringatan Hari Pahlawan 10 November juga merupakan kesempatan yang baik untuk selalu memupuk rasa kesadaran bangsa. Pepatah mengatakan bahawa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Bung Karno pun mengatakan pada kita untuk jagan sekali-kali melupakan jasa para pahlawan yaitu dengan semboyan JAS MERAH.
Memang kita tidak ikut mengorbankan nyawa seperti para pejuang di Surabaya pada waktu itu. Tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, rakyat telah mengorbankan nyawanya. Kita wajib menundukkan kepala untuk mengenang jasa-jasa mereka. Karena itulah kita merayakan Hari Pahlawan setiap 10 November. Akan tetapi kepahlawanan tidak hanya berhenti di sana. Dalam mengisi kemerdekaan pun kita dituntut untuk menjadi pahlawan. Bukankah arti pahlawan itu adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran? Bukankah makna pahlawan itu adalah pejuang gagah berani? Bukankah makna kepahlawanan tak lain adalah perihal sifat pahlawan seperti keberanian, keperkasaan, kerelaan berkorban, dan kekesatriaan?
Menghadapi situasi seperti sekarang kita berharap muncul banyak pahlawan dalam segala bidang kehidupan. Dalam konteks ini kita dapat mengisi makna Hari Pahlawan yang kita peringati setiap tahun pada 10 November, termasuk pada hari ini. Bangsa ini sedang membutuhkan banyak pahlawan, pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, Indonesia yang adil dan demokratis, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Pahlawan sejati adalah seseorang yang memahami Pancasila dengan baik dan memiliki komitmen penuh serta berjuang tanpa pamrih untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang luhur dan ideal itu dalam seluruh kehidupannya sebagai warga negara Indonesia. Tiada lain yang dicita-citakannya kecuali melepaskan negeri dan bangsanya dari semua bentuk penjajahan dengan topeng apa pun, untuk selanjutnya membangun negara Indonesia yang adil, makmur dan beradab sebagaimana diimpikan oleh para pendiri bangsa ini. Selamat Hari Pahlawan, semoga arwah para pahlawan yang telah mendahului kita damai dan tenang di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar