Selasa, 28 November 2017

JANGAN LUPAKAN KAMI(PAHLAWAN)


Oleh:
Rianto

Banyak orang yang tidak mengerti makna peringatan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November yang memandang hanya sebagai ceremonial belaka, setelah selesai satu hari tersebut orang melupakannya. Makna  dalam peringatan hari pahlawan pada saat sekarang menurut pendapat saya adalah kita harus mampu menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dengan cara mengisi kemerdekaan. Seperti meningkatkan sumber daya manusia indonesia supaya lebih maju dan bisa bersaing dengan bangsa lain dari segala bidang kehidupan, menghindari hal hal yang dapat merusak sumber daya manusia indonesia seperti mengkonsumsi narkoba dan obat-obat terlarang, meminum minuman keras serta menjauhi sifat malas.  Hari pahlawan adalah hari dimana semua rakyat Indonesia memperingati  atau merayakan sebuah acara dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
Bangsa Indonesia saat ini membutuhkan pahlawan-pahlawan baru untuk mewujudkan kehidupan massa rakyat yang demokratis secara politik, adil secara sosial, sejahtera secara ekonomi, dan partisipatif secara budaya. Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dankokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan terombang-ambing dan kehilangan arah di tengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.
Semangat kepahlawanan yang telah ditunjukkan para pahlawan/pejuang dalam pertempuran 10 November 1945, hendaknya dapat kita hayati, menjadi inspirasi, serta sumber motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan guna mewujudkan cita-cita kemerdekaan RI.
Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannyalah yang dapat menjadi bangsa besar, dengan terus melestarikan hari pahlawan dan meniru sikap para pahlawan dengan rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada diri sendiri untuk membangun karakter bangsa berdasarkan pancasila, hargai perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan dengan memperjuangkan pendidikan bangsa Indonesia agar jadi lebih dan lebih baik dari sebelumnya.


0 komentar:

Posting Komentar