Selasa, 21 November 2017

Kenapa Hanya 10 November Menginggat Pahlawan?

Oleh: 
Silvia Desrijenatin
Hari pahlawan yang jatuh pada 10 November dan diperingati setiap tahunnya oleh orang Indonesia. Hari pahlawan diperingati dengan cara mengadakan berbagai macam kegiatan seperti: upacara bendera, membersihkan makam yang berada di taman makam pahlawan, tabur bunga di makam dan memberikan santunan kepada veteran perang yang masih hidup atau kepada keluarga veteran serta berbagai rangkaian kegiatan lainnya.
Semua kegiatan  upacara yang diadakan oleh instansi pemerintah. Baik itu TNI, Polri dan instansi pemerintah lainnya. Upacara tersebut dilaksanakan setiap tahun yang dianggap mampu mengenang jasa pahlawan bangsa yang telah berjuang merebut kemerdekaan dengan mengorbankan segala-galanya yaitu seluruh jiwa raga, harta benda, tenaga dan  pikiran untuk satu tujuan yaitu Indonesia merdeka.
Para pahlawan tidak ingin anak-anak dan cucu serta keturunannya merasakan hal yang sama seperti mereka, yaitu menderita dijajah begitu lama oleh beland. Mereka tertindas menjadi budak di tanah kelahiran sendiri yang subur dan kaya akan hasil bumi. Namun, hasil bumi tersebut diambil oleh penjajah dikirim kenegeri penjajah tersebut dan dipergunakan untuk memperkaya negara penjajah tersebut sedangkan daerah jajahan hidup dalam penderitaan.
Kenapa hari pahlawan hanya diperingati satu hari saja, sedangkan dilain hari banyak orang melupakan jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan sampai titik darah penghabisan. Seharusnya penghayatan peringatan hari pahlawan diterapkan setiap hari dalam kehidupan. Negara indonesia sebagai bangsa yang besar yaitu bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Namun, kita sebagai generasi penerus bangsa tidak mampu mengisi kemerdekaan terkadang secara tidak langsung malah menyia-nyiakan kemerdekaan yang telah kita raih seperti sikap malas dan merusak diri sendiri dengan memakai narkoba dan lain sebagainya.
Banyak orang yang tidak mengerti makna peringatan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November yang memandang hanya sebagai ceremonial belaka, setelah selesai satu hari tersebut orang melupakannya. Makna  dalam peringatan hari pahlawan pada saat sekarang menurut pendapat saya adalah kita harus mampu menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dengan cara mengisi kemerdekaan. Seperti meningkatkan sumber daya manusia indonesia supaya lebih maju dan bisa bersaing dengan bangsa lain dari segala bidang kehidupan, menghindari hal hal yang dapat merusak sumber daya manusia indonesia seperti mengkonsumsi narkoba dan obat-obat terlarang, meminum minuman keras serta menjauhi sifat malas. 

0 komentar:

Posting Komentar