Selasa, 05 Desember 2017

Kota Padang Panjang Raih Rekor Muri Memasak samabalado cangkuak

Oleh:
ZUHRA FITDINI

    Kota padang panjang, minggu (26/11) berhasil memecahkan rekor memasak sambalado cangkuak terbanyak di dunia dengan jumlah 1.227 tungku, dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
    Dalam akun Generasi Pesona Indonesia atau GenPI Padang Panjang, sepanjang jalan Sudirman terdapat 1.227  tengku, susunan bata dan kayu yang akan di gunakan olaeh peserta untuk nantinya memasak sambalado cangkuak.
    Festival memasak sambalado cangkuak ini di gelar untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kota Padang Panjang yang ke-227 pada tanggal 1 Desember 2017.
   Sambaldo cangkuak dari Kota Padang Panjang ini berbeda dari sambalado cangkuak dari daerah lain yang mana sambalado cangkuak di Kota Padang Panjang tidak menggunakan kerupuk kulit hanya menggunakan 7 bahan utama yaitu, cabe, ikan bada, bawang prei, daun ruku-ruku, air nasi, daun kunyit dan tomat.
   Walikota Padang Panjang yang diwakali Pit.sekda Indra Gusnady maengatakan festival ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan dan mengembangkan asset budaya local yang dimiliki oleh Kota Padang Panjang.
   
  

    

0 komentar:

Posting Komentar