Senin, 20 November 2017

MAKNA PERINGATAN HARI PAHLAWAN


Oleh     : Yessy Novita Dewi
Hari pahlawan yang diperingati oleh bangsa Indonesia setiap 10 November merupakan suatu bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan mengorbankan baik benda, harta maupun nyawa sekalipun. Peringatan hari pahlawan yang dilaksanakan setiap tahun mengingatkan kita pada tragedi bersejarah di Bandung dalam  upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang menewaskan diantaranya ribuan pejuang atau pahlawan Indonesia.
Negara Indonesia telah berhasil memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, namun apakah pada saat sekarang ini bangsa Indonesia benar-benar telah merdeka? Sebuah pertanyaan yang tentunya akan menggelitik otak kita. Bangsa Indonesia memang telah berhasil membebaskan diri dari penjajahan Belanda dan pendudukan Jepang dan telah menjadi sebuah negara yang berdaulat serta berdiri sendiri dengan sistem pemerintahan sendiri namun dewasa ini pengaruh teknologi telah berhasil menjajah bangsa Indonesia bahkan dunia. Pengaruh teknologi yang terus berkembang membuat kita terkadang lupa untuk mempelajari sejarah bangsa kita sendiri, terkadang kita terlalu sibuk berselancar di dunia maya sehingga lupa untuk mengenal pahlawan yang telah mempersembahkan Indonesia yang merdeka kepada kita.
Sebagai generasi Indonesia zaman milenial ini, kita harusnya belajar bagaimana rasa nasionalisme pahlawan kita pada masa awal kemerdekaan mampu mempertahankan kemerdekaan meskipun sebagian besar diantara mereka gugur di medan pertempuran. Kita tidak harus mengangkat senjata, kita tidak harus berkoar-koar meneriaki kata merdeka. Sesuatu yang perlu kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa dalam rangka mempertahankan dan mengisi kemerdekaan adalah menjadi orang yang positif, berguna bagi bangsa dan negara. Hal tersebut dapat diawali dengan giat belajar serta memperbaiki jiwa sosial agar menjadi pengabdi bangsa yang sesungguhnya.
Satu hal yang perlu ditekadkan adalah kita mesti menjadi pahlawan dimasa kini maupun yang akan datang yang akan datang. Kita harus berusaha untuk melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat sehingga kita akan selamanya dikenang sebagaimana para pahlawan bangsa Indonesia meskipun dalam konteks yang berbeda. (ynd)


0 komentar:

Posting Komentar