Senin, 20 November 2017

10 November Dijadikan Hari Pahlawan


Oleh : Resta Yulia PS
Pada tanggal 10 November dijadikan Hari pahlawan, karena awal mula terjadinya yaitu adanya pertempuran Surabaya yang merupakan suatu peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dengan pasukan Inggris. Dalam peristiwa besar ini yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dan satu pertempuran terbesar dan terberat lagi dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.
Setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris yang mana  ditandatangani pada tanggal 29 Oktober 1945, keadaannya berangsur-angsur membaik. Dalam hal ini juga terdapat bentrokan-bentrokan antara rakyat  Indonesia dan pasukan Inggris di Surabaya, dengan adanya bentrokan tersebut timbullah permasalahan lagi yang puncaknya terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada tanggal 30 Oktober 1945. Kematian dialah yang menyebabkan tentara Inggris itu marah kepada pihak Indonesia, dengan hal inilah digantikan Jenderal ini dengan Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh yang mengeluarkan ultimatum 10 November 1945 yang memintak agar Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan.

Dengan demikian muncullah pada tanggal 10 November ini yang bagi orang Indonesia sekarang dijadikannya sebagai Hari Pahlawan, karena pada peristiwa itu banyak pejuang-pejuang yang gugur dengan memperjuangkan tanah air ini. Sehingga kota Surabaya ini dikenang sebagai kota pahlawan. Atas peristiwa ini setiap tahunnya di peringati dengan Hari Pahlwan sebagai bentuk penghargaan jasa para pahlawan kita yang telah gugur. KITA SEBAGAI GENERASI PENERUS HENDAKNYA DAPAT MENERUSKAN ITU. MERDEKAAAA....... !!!!

0 komentar:

Posting Komentar